Sabtu, 23 Februari 2013

Salah Satu Solusi Dari Masalah Transportasi Kota







Kendaraan adalah suatu yang indah, tapi tidak akan berfungsi dengan baik bila kita semua memutuskan untuk mempergunakannya bersamaan pada waktu yang bersamaan/jam sibuk. Oleh karena itu diharapkan tersedianya kendaraan umum yang tepat waktu dan nyaman, dan bukan hanya diperuntukkan untuk yang berpenghasilan rendah tetapi untuk semua orang. tanpa kemacetan, karena itu perlu adanya pembatasan penggunaan kendaraan pribadi.


TOD (Transit Oriented Development)

  Suatu konsep pengembangan kawasan yang berbasis transit, dimana terdapat integrasi jaringan transportasi publik dan prasarana jalan yang humanis dengan fungsi lahan campuran (mixed-used), serta berorientasi pada lingkungan. Sedangkan menurut Trimadi 2005 TOD adalah kawasan dengan tingkat kepadatan tinggi dengan tata guna lahan campuran (mixed use) yang terdiri dari perumahan, tempat bekerja, perbelanjaan, dan fasilitas sosial yang berlokasi ‘dekat’ atau mudah dijangkau dari pusat transit terminal bus dan/atau stasiun kereta api.

KARAKTERISTIK TOD

Mixed-use
Compact and centered
people-friendly.
• Ramah Lingkungan/open space
Walkability 
MANFAAT TOD

a. Kualitas hidup yang lebih tinggi,
b. Mobilitas lebih besar dengan adanya jaminan keamanan,
c. Mengurangi penggunaan kendaraan dan kemacetan,
d. Mengurangi kecelakaan lalu lintas,
e. Mengurangi biaya transportasi rumah tangga, sehingga dapat memiliki rumah yang     lebih baik/layak,
f. Gaya hidup yang lebih sehat dengan berjalan, tingkat stress yang lebih rendah,
g. Mengurangi polusi dan perusakan lingkungan,
h. Mengurangi peluang terbentuknya sprawl, membuka peluang untuk pengembangan bentuk compact
i. Lebih murah jika dibandingkan dengan membangun jalan.


 KONSEP TOD


Tipe dari TOD adalah stasiun kereta atau bus sebagai pusat dan disekitarnya terdapatpengembangan kepadatan tinggi, serta kepadatan rendah disisi luarnya dengan jarak ke pusat transit adalah 500-800m skala yang sesuai untuk pejalan kaki.
Jika sebuah  kota mampu memberikan kenyaman hidup bagi warga kotanya, berarti Kota itu mampu memberikan kenyamanan kepada siapapun juga.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar